Selasa, 30 September 2014

Pengertian Ulum Alquran Dan Hubungannya dengan Ilmu Tafsir dan Usul Tafsir



Ulum Alquran  dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Alquran. Oleh karena demikian, ruang lingkup Ulum Alquran yang diklasifikasi dan dipetakan para cendikiawan muslim masih terus berkembang seiring dengan semangat manusia untuk menggali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Alquran tersebut.
Ulumul Qur`an, dalam bahasa Arab merupakan susunan idhâfi (gabungan dua kata). Yaitu tersusun dari kata ulûm dan al-Qur`an. Kata “ulûm” adalah bentuk jama’ (plural) dari kata “ilmu” (mashdar dari ‘alima) yang berarti pengetahuan atau pemahaman. Para ulama pun berbeda pendapat tentang makna etimologis dari kata “ilmu”. Para filosof memaknai ilmu sebagai gambaran atas sesuatu yang terdapat dalam ruang akal. Sedangkan para teolog mengartikan ilmu sebagai suatu sifat yang dengan sifat itu seseorang mampu dengan jelas mengatakan tentang suatu perkara atau urusan.
Sedangkan kata “al-Qur`an” adalah bentuk isim mashdar dari “qara`a”, berposisi sama dengan kata “qirâ`ah” yang berarti bacaan. Menurut sebagian ulama, meskipun bentuk kata “Qur’an” adalah mashdar (bacaan), namun ia bermakna seperti maf`ûl (yang dibaca).


Jadi Ulumul Qur’an adalah disiplin ilmu yang mempelajari segala bahasan yang berkaitan langsung dengan al-Qur’an, termasuk pokok-pokok bahasan yang menjadi acuan teoritis untuk menafsirkannya. Oleh karena itu ilmu ini juga dikenal dengan istilah ilmu tafsir atau ilmu Ushul at-Tafsir.
Ulum Alquran dengan Ilmu Tafsir dan Usul Tafsir memiliki perbedaan dan persamaan pada berbagai aspek. Antara lain sebagaimana terdapat pada tabel berikut:


Tabel.
Perbedaan Ulum Alquran dengan
Ilmu tafsir dan Usul Tafsir
No.
Aspek
Ulum Alquran
Ilmu Tafsir
Usul Tafsir
1.
Tujuan
Memahami kandungan Alquran dari berbagai aspek.
Mengungkap tafsir/maksud ayat Alquran yang samar.
Mengetahui panduan/ kaidah, dan teknik menafsir. 
2.
Manfaat
Memahami Alquran secara utuh dari berbagai aspeknya.
Memahami lafadzh2 Alquran dan makna ayat  yang sukar.
Terhindar dr kesalahan dalam menafsirkan Alquran.
3.
Kawasan
Meliputi berbagai ilmu yang berhubungan dengan Alquran
Ilmu yang berkaitan dengan pengungkapan makna lafadz2 Alquran utk memperoleh tafsir. 
Ilmu yang berkaitan dengan metodologi kaidah-kaidah yang diperlukan mufassir.
4.
Objek
Alquran secara utuh
Lebih khusus pada makna lafadzh Ayat-ayat Alquran yang sulit.
Metodologi & kaidah-kaidah yang diperlukan mufassir.
Tabel. 2.
Persamaan Ulum Alquran Dengan
Ilmu Tafsir dan Usul Tafsir
No.
Persamaan Ulum Alquran Dengan Ilmu Tafsir dan Usul Tafsir
1.

2
Ulum Alquran, Ilmu Tafsir dan Ulum Alquran adalah tiga disiplin ilmu yang berusaha menjelaskan kandungan Alquran sesuai dengan maksud Allah Swt.
Ulum Alquran, Ilmu Tafsir, dan Usul Tafsir adalah tiga disiplin ilmu yang saling melengkapi satu sama lain untuk mengungkap maksud ayat atau kandungan hukum yang terdapat di dalam Alquran.
Ulum Alquran, Ilmu Tafsir, dan Usul Tafsir adalah tiga disiplin ilmu yang berusaha untuk menggali dan mengembangkan ilmu-ilmu yang terkandung di dalam Alquran.


 

0 komentar:

Posting Komentar