Minggu, 26 Oktober 2014

Rumus Pecaya Diri

Bukan hanya matematika saja yang punya rumus, Percaya Diripun punya rumus :)





Percaya Diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang, dimana individu dapat mengevaluasi keseluruhan dari dirinya sehingga memberi keyakinan kuat pada kemampuan dirinya untuk melakukan tindakan dalam mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Ketika ini dikaitkan dengan praktek hidup sehari-hari, orang yang memiliki kepercayaan diri rendah atau telah kehilangan kepercayaan, cenderung merasa / bersikap sebagai berikut :

  • Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh sungguh.
  • Tidak memiliki keputusan melangkah yang decissive (ngambang)
  • Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan
  • Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah
  • Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal)
  • Canggung dalam menghadapi orang
  • Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan
  • Sering memiliki harapan yang tidak realistis
  • Terlalu perfeksionis
  • Terlalu sensitif (perasa)
Sebaliknya, orang yang mempunyai kepercayaan diri bagus, mereka memiliki perasaan positif terhadap dirinya, punya keyakinan yang kuat atas dirinya dan punya pengetahuan akurat terhadap kemampuan yang dimiliki. Orang yang punya kepercayaan diri bagus bukanlah orang yang hanya merasa mampu (tetapi sebetulnya tidak mampu) melainkan adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya mampu berdasarkan pengalaman dan perhitungannya.

Untuk percaya diri di perlukan suatu rumus.
Bukan hanya matematika saja yang punya rumus, Percaya Diripun punya rumus :)

Salah satu kunci kesuksesan adalah percaya diri. Tanpa percaya diri, sulit rasanya untuk bisa meraih keberhasilan. Minder akan menghambat laju seseorang menuju sukses. Bahkan bisa jadi mereka yang minder tidak akan pernah melangkah maju. Hanya diam di tempat dan mungkin melangkah mundur.
Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan rumus untuk melakukanya :D

Untuk menjadi percaya diri, ada rumus yang harus dilakukan

Rumus percaya diri adalah PD = (BP + KP) x A

Keterangan:

PD = Percaya Diri,

BP = Berpikir Positif,

KP = Kekuatan Potensi,

A = Aksi


Dari rumus ini, percaya diri harus dimulai dari Berpikir Positif yang berarti kita selalu berprasangka baik terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Selain itu, kita juga mesti melihat dari sisi positif terhadap semua keadaan dan permasalahan. Dengan berpikir positif kita tidak terpengaruh dengan perkataan dan perlakuan orang lain yang menjelek-jelekan diri kita. Kita mencari hikmah positif dari permasalahan dan keadaan yang terjadi.

Berpikir positif harus ditambah dengan kekuatan potensi. Setiap orang pasti punya potensi diri. Hanya terkadang sebagian orang belum tahu apa kelebihan dirinya.

Kenalilah potensi anda, bakat, dan minat anda kemudian dilanjutkan dengan aksi atau tindakan anda.

2 komentar: