Sabtu, 18 Oktober 2014

4 Aspek Yang Harus Dikuasai Guru

Guru

                   Guru yang berkualitas merupakan salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru yang berkualitas harus mempunyai 4 aspek, yaitu: pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial.
                   Kemampuan pedagogik merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh guru. Kemampuan pedagogik meliputi: merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Guru harus mampu menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Rancangan pembelajaran akan membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas. Jika Guru mampu membuat rancangan pembelajaran, maka guru tersebut akan mampu menyusun dan  menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sehingga guru juga akan mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuan peserta didik. Dalam melaksanakan pembelejaran guru harus bisa menghidukan kelas dan mengkondisikan kelas. Setelah melaksanakan pembelajaran guru perlu mangadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini berfungsi agar  guru dan siswa mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Evaluasi pembelajaran diperlukan supaya pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan siswa mudah memahami apa yang di sampaikan.
                   Guru juga harus mepunyai kepribadian yang baik, yaitu: amanah, taat ibadah, percayadiri, dan keteladanan. Profesi guru adalah sebuah amanah yang harus dijalankan oleh setiap manusia yang mendedikasikan dirinya sebagai seorang pengajar atau pendidik yang biasa disebut guru. Amanah adalah suatu bentuk ketaatan bagi setiap individu. Dan bagi siapa saja yang dapat mengemban amanah dengan baik, akhlaknya pun akan baik dan sesuai hadist Nabi Muhammad SAW dijamin masuk surga. Guru harus memiliki sikap dan perilaku yang baik serta merupakan pribadi yang taat beribadah. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Pepatah ini mengambarkan bagaimana peran dari tingkah dan sikap seorang guru dalam mempengaruhi sikap dan tingkah laku peserta didiknya. sehingga mutlak bagi seorang pendidik untuk memiliki sikap yang taat dan patuh akan perintah agama. Perjalanan panjang seorang guru dimulai dari kepercayaan diri yang sudah terbangun dari awal. Percaya bahwa Allah pasti membantunya dalam mendidik generasi kearah yang lebih baik. Mendidik dengan asas seperti ini, akan menuai benih kebaikan, di dunia maupun akhirat. Keteladanan merupakan salah satu aspek penting yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi terhadap kesuksesan seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Seorang guru merupakan panutan bagi anak-anak didiknya. Yang akan mengajak dan mengarahkan kejalan yang baik, serta mau menegur mereka disaat mereka lalai maupun khilaf dalam sesuatu hal. Sehingga seorang guru tentu harus memiliki perilaku dan pribadi yang baik.
            Profesionalisme seorang guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan. Guru yang profesional harus memiliki 3 aspek, antara lain: kompetensi, paham materi, kinerja. guru yang profesional adalah guru yang kompeten (berkemampuan). Kompetensi guru dapat diartikan sebagai kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi keguruannya dengan kemampuan tinggi. Keberhasilan proses belajar peserta didik sangat ditentukan oleh kompetensi guru. Pada proses pembelajaran seorang guru diharapkan mampu menyampaikan materi ajar dengan baik serta mengajak anak didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga akan tercipta sinergi yang baik antara guru dan murid.


Guru merupakan pemimpin pembelajaran, fasilitator dan sekaligus juga pusat inisiatif pembelajaran. Untuk itu guru harus memiliki 4 aspek sosial yang baik, diantaranya: lingkungan, komunitas, tidak diskriminatif, komunikasi. Guru harus bisa berinteraksi dengan baik dengan peserta didik, baik di lingkungan belajar maupun di lingkungan masyarakat. Karena guru tidak hanya berperan di lingkungan belajar, namun berperan dimanapun ia berada, untuk selalu memberikan contoh dan teladan yang baik  bagi peserta didiknya.

1 komentar: